Bisa koq vespa
dimaksimalkan potensi
performanya, orang2
sering menyebutnya
korek harian tp hanya
bisa dikerjakan oleh
bengkel atau mekanik yg
berpengalaman,
khususnya
berpengalaman di mesin
vespa atau mesin 2
langkah (karena mesin 2
langkah jelas beda
dengan mesin 4 langkah).
korek harian tidak
merubah spesifikasi
mesin secara frontal
sehingga walau berakibat
boros bensin tp msh
dapat ditoleransi
(tergantung besarnya
spuyer) dan ketahanan
mesin tidak jauh berbeda
dengan standarnya.
Intinya adalah
memaksimalkan efisiensi
volumetrik ( volume
campuran bensin+udara
yang dapat masuk secara
maksimum ke ruang
silinder), memaksimalkan
kinerja pengapian (timing
pengapian yg tepat, api
busi yg besar
tegangannya cukup dan
konstan), dan setting
spuyer karburator agar
dapat mensuplai bensin
sesuai dengan kebutuhan
mesin.
Khusus untuk
memaksimalkan efisiensi
volumetrik (EV) yg akan
kita jabarkan disini. kunci
peningkatan EV pd mesin
2 langkah yaitu terutama
pd blok silinder krn
terdapat lubang
pembilasan dan
pembuangan yang
berperan penting pd
cepat-lambat dan
bamyak-sedikit campuran
bensin dan udara yg akan
masuk ke silinder dan
keluar menuju knalpot.
Kemudian disusul dengan
karter (biasa disebut
crankcase tempat
terdapatnya lubang
pengisapan) yg berfungsi
mengatur timing
masuknya campuran
bensin dan udara menuju
karter (pada mesin 2
langkah umumnya
dilengkapi membran/reed
valve/katup buluh,
kecuali vespa yg hanya
menggunakan kruk as
sebagai membrannya
atau disebut disc valve).
dan hal terpenting
selanjutnya adalah
knalpot, karena pd mesin
2 langkah fungsi knalpot
jauh lebih sensitif
dibandingkan pd mesin 4
langkah. Pada mesin 2
langkah fungsi knalpot
bagaikan klep buang pd
mesin 4 langkah yg
mengatur keluarnya gas
buang.
bagian2 mesin yg
biasanya kena sentuhan
tangan mekanik tuk
memaksimalkan evisiensi
volumetrik vespa:
1.) Lubang pengisapan
wajib tidak bocor dan
permukaannya harus
smooth alias halus, tidak
terdapat sudut tajam,
dimensinya sama atau
tidak terlalu jauh dari
lubang pengisapan
standar, sisi depannya
agak mengarah ke depan
(searah putaran kruk as),
sisi kiri melandai
mengarah ke kanan
menuju tengah kruk as,
dan sisi kanan serta
belakang tetap standar.
namun harus dipastikan
bahwa kruk as tetap
seimbang alias balance
agar kruk as tidak
menggerus pengisapan
dan oli samping
menggunakan yang tepat
campuran dan jelas
mutunya.
2.) lubang transfer dan
lubang buang harus
bersih dari sisa karbon
yang menempel,
beberapa mekanik sedikit
mengampelas lubang2
tersebut supaya halus
dari kontur kulit jaruk
(tergantung pilihan si
empu vespa) supaya
kecepatan aliran gasnya
meningkat.
3.) Kompresi mesin
dinaikkan dengan cara
mengganti paking kepala
silinder dan atau blok
silinder dengan yg lebih
sedikit atau yg lebih tipis.
jika si empu vespa ingin
lebih maka bs memilih
memapas kepala silinder
di tempat bubut yg handal
cukup sedikit saja yaitu
kurang lebih 0,4-0,6mm. kl
terlalu banyak memapas
kepala silinder berakibat
buruk seperti mentoknya
seher ketika titik mati
atas (TMA), sehingga
harus atur ulang sudut
squish dan jarak nat
kepala silinder.
3.) knalpot standar
biasanya dibobok supaya
gas buang lancar, namun
supaya efek turbulensi
tetap tercipta, torsi tetap
terjaga,dan suara
knalpot tetap ramah
maka biasanya hanya
saringan atas dan bawah
yg berbentuk kawat kasa
yg dihilangkan,
sedangkan saringan
tengah yang berbentuk
pelat jangan dibuang.
kl mau praktis dan instan
biasanya menggunakan
knalpot aftermarket yg
berbentuk standar, kl
menggunakan knalpot
racing yg kyk cacing
suaranya lebih berisik dan
sedikit mengurangi torsi.
4.) Setel spuyer
karburator,pd vespa
biasanya cukup setel
main jet hingga didapat
ukuran yg pas dan tidak
membuat busi menghitam
(coklat bata warna busi
tanda karbu sdh pas).
moga bs membantu bro
dan maaf kl ada
kesalahan. sama2 belajar
jg soalnya. hehee
Where Are Sports To Do Soccer Betting? | Sporting100
ReplyDeleteSoccer betting is legal in multiple states, and a lot of it comes from the United Kingdom. Soccer is widely considered to be 사설 토토 사이트 one of the most